twitter


AP/Marcio Jose Sanchez/sa
JOHANNESBURG--MI: Brasil memetik kemenangan kedua dalam laga penyisihan Grup G dan memastikan satu tempat ke babak 16 besar mengikuti jejak Belanda. Menghadapi Pantai Gading di Stadion Soccer City, Senin (21/6), Tim Samba menang 3-1.

Namun kemenangan Brasil kali ini tercoreng dengan kartu merah yang didapat Kaka. Pemain Real Madrid tersebut diusir wasit Stephane Lannoy dari Prancis menit ke-87 karena menyikut Seydou Keita.

Kemenangan ini membuat Brasil telah memiliki nilai enam dan lolos ke babak selanjutnya walau masih harus melawan Portugal di laga terakhir penyisihan Grup G. Kalaupun kalah melawan Portugal, Brasil tidak akan mungkin terlempar dari posisi dua Grup G.

Sedangkan Pantai Gading yang baru mendapat satu angka hasil imbang dengan Portugal, harus menang di laga pamungkas saat melawan Korea Utara jika ingin menjaga peluang lolos ke babak selanjutnya.

Menghadapi Brasil, seperti yang diperkirakan pelatih Pantai Gading Sven Goran Eriksson langsung memainkan Didier Drogba sejak menit awal. Pemain depan Chelsea itu diturunkan Eriksson untuk menambah daya gedor lini depan Pantai Gading yang kurang tajam saat melawan Portugal di laga pertama.

Tampilnya Droga sejak menit awal membuat serangan Pantai Gading menjadi lebih tajam. Dimainkan sebagai striker tunggal, pemain depan Chelsea ini beberapa kali mampu membahayakan pertahanan Brasil.

Sedangkan Brasil menampilkan formasi seperti ketika menundukkan Korea Utara. Kaka yang sebelumnya diragukan akan menjadi starter tetap dipercaya pelatih Dunga menjadi motor permainan lini tengah Brasil. Melawan Pantai Gading, Kaka tampil lebih baik dibanding saat melawan Korea Utara.

Brasil membuka kemenangan ketika pertandingan memasuki menit ke-25. Melakukan kerja sama yang apik dengan Kaka, Luis Fabiano mampu menjebol gawang Pantai Gading yang dikawal Baubacar Barry dan mengubah skor menjadi 1-0. Hasil ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Brasil kembali mengambil insiatif permainan dan terus menekan pertahanan Pantai Gading. Kaka yang bersama Robinho menggalang lini tengah tim Samba, terus memberikan suplai bola kepada Fabiano yang menjadi tombak tunggal.

Menit ke-50, untuk kedua kalinya Fabiano kembali menjebol gawang Pantai Gading. Kali ini gol tercipta lebih karena aksi brilian Fabiano. Setelah melewati hadangan tiga pemain Pantai Gading, Fabiano dengan tenang melepaskan tendangan akurat tanpa bisa dijangkau Barry.

Brasil makin menenggelamkan Pantai Gading setelah memperbesar keunggulan menjadi 3-0 menit ke-62. Kali ini giliran Elano yang merobek gawang Pantai Gading setelah melakukan kerja sama dengan Kaka. Pantai Gading sendiri hanya mampu membalas satu gol melalui sundulan Drogba menit ke-79. (OL-04) 



0 comments: