twitter


Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat pada saat sekarang ini membuat aliran informasi menjadi semakin mudah dan cepat. Akses untuk mendapat suatu informasi dengan adanya bantuan teknologi menjadi sangat mudah dan gampang dan tidak dapat dipungkiri sangat membantu dalam kehidupan pribadi setiap individu.

Internet merupakan sarana teknologi terpopuler dan digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengakses informasi secara online dan real time. Saat ini, sebagian besar dari kalangan masyarakat kita sudah menggunakan internet dalam kesehariannya, baik sebagai sarana untuk mencari informasi, bersosialisasi atau bahkan sebagai sarana untuk mencari penghasilan. Berbagai macam fasilitas dan konsep yang ditawarkan oleh internet berhasil menyentuh kehidupan pribadi sebagian masyarakat Indonesia saat ini, sebagai contoh, konsep e-banking yang ditawarkan oleh Bank-bank Indonesia di internet telah memberikan kontribusi layanan yang sangat besar bagi para konsumen perbankan Indonesia. Efisiensi waktu, pelayanan yang cepat dan tepat serta keamanan yang ditawarkan menjadi alasan sebagian besar pengguna e-banking menyukai layanan ini dan terus mengaksesnya dalam kehidupan mereka.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, pengguna internet di Indonesia terus bertambah seiring dengan semakin canggih dan bertambahnya dukungan infrastruktur yang diberikan. Pengguna internet di Indonesia juga mengalami pergeseran. Sebagian besar pengguna internet pada saat sekarang ini bukan hanya berasal dari kalangan berduit saja, akan tetapi dengan kehadiran dukungan infrastruktur seperti warnet, hot spot gratis dan layanan koneksi internet dial up seperti telkomnet instan yang menawarkan tarif per jam telah membuat kalangan menengah juga bisa mengakses internet dengan harga yang jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan paket-paket yang ditawarkan oleh perusahaan ISP (Internet Service Provider). Akan tetapi, kemudahan mengakses internet di Indonesia telah menimbulkan banyaknya dampak, baik yang bersifat positif dan bersifat negatif.

Internet pada kenyataannya sekarang ini, memang banyak memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat Indonesia, informasi yang bisa diambil dari internet sangatlah banyak sehingga dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat Indonesia. Dan diterapkan oleh kalangan mahasiswa dan pelajar di Indonesia di mana untuk pengerjaan tugas sekolah atau pencarian bahan kuliah telah menggunakan sumber daya internet (e-learning). Selain itu, internet juga dapat digunakan untuk bersosialisasi dan menambah teman yang tentu saja semakin berdampak baik bagi persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia (e-society). Internet juga dapat digunakan sebagai sarana pelayanan kepada masyarakat oleh perusahaan atau pemerintah, konsep e-government, e-banking, e-commerce yang banyak diterapkan oleh berbagai macam perusahaan atau pemerintah daerah pada saat sekarang ini menyebabkan pelayanan yang dapat diberikan kepada masyarakat Indonesia menjadi semakin mudah dan cepat.

Banyaknya dampak positif yang diberikan oleh internet pada kehidupan masyarakat Indonesia ternyata berbanding lurus dengan dampak negatif yang diberikan oleh internet. Penyalahgunaan sumber daya internet pada saat sekarang ini telah mencapai tahap yang mengkhawatirkan sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk membangun konsep pengawasan penggunaan internet di Indonesia. Beberapa dampak negatif yang diberikan antara lain adalah, maraknya pembajakan terhadap hak cipta musik atau film, rusaknya moral generasi muda akibat mudahnya mengakses materi-materi informasi yang tidak sesuai untuk tingkatan umur, provokasi yang dilakukan dan ditujukan terhadap golongan tertentu, serta pemberian akses informasi yang salah kerap terjadi di internet.

Menurut pengalaman penulis, sebagian besar pembajakan hak cipta pada saat ini seperti hak cipta untuk musik atau film dimediasi oleh internet. Kebanyakan situs-situs sosial pada saat ini menyediakan ruang atau sarana untuk melakukan upload dan download lagu serta film yang disukai oleh para anggotanya sehingga banyak disalahgunakan oleh para netter (sebutan bagi para pengguna internet). Para penyedia situs tersebut ataupun member dari situs tersebut dengan seenaknya mengupload lagu-lagu atau film ke internet tanpa izin dari pemilik hak cipta dengan maksud dan tujuan tertentu seperti untuk meningkatkan traffic pengunjung ke situs mereka. Hal ini tentu saja dimanfaatkan dengan sangat baik oleh beberapa oknum netter yang kemudian mendownload berbagai macam lagu atau film yang diupload oleh situs-situs tersebut untuk kemudian dikumpulkan, digandakan lalu dijual kepada khalayak ramai dalam bentuk VCD, CD atau DVD bajakan.

Selain itu, dampak negatif yang paling parah yang diberikan oleh internet dan dirasakan langsung adalah terjadinya degradasi moral di kalangan generasi muda Indonesia pada saat sekarang ini. Kemudahan mengakses internet karena banyaknya warnet di Indonesia dan murahnya harga yang ditawarkan serta lemahnya pengawasan baik dari instansi pemerintahan terkait maupun dari pengusaha warnet yang hanya menginginkan keuntungan menyebabkan pengguna internet menjadi sangat mudah untuk mengakses dan mendownload hal-hal yang tidak baik seperti gambar-gambar atau film-film yang bertema kekerasan, dewasa atau porno. Hal ini menyebabkan para pengguna internet khususnya generasi muda yang tak kuat iman menjadi terlalu cepat dewasa tanpa diimbangi pematangan dari segi moral, akhlak dan sifat.

Di internet juga tersebar berbagai macam milis atau forum serta informasi yang salah dan bersifat memprovokasi golongan tertentu. Hal ini tentu saja sangat tidak baik bagi persatuan dan kesatuan masyarakat di Indonesia yang terdiri atas berbagai macam keyakinan beragama, suku, dan ras. Sebut saja forum-forum yang mengatasnamakan kebebasan berekspresi atau beragama yang tidak lain berisi informasi sampah untuk menjadikan masyarakat menjadi sesat atau bahkan murtad dari ajaran agama yang dianutnya. Pemerintah sebagai pengatur tata pemerintahan dan masyarakat diharapkan segera bertindak untuk dapat mengatasi hal-hal negatif tersebut sehingga tidak berkembang menjadi berbagai macam kejadian buruk yang dapat terjadi di masyarakat Indonesia. Pembentukan sistem pengawasan bagi pengguna dan penyedia layanan internet di Indonesia saat ini sangat dibutuhkan. Bisa dengan cara melakukan koordinasi internal dengan pihak-pihak ISP agar data para penyewa IP dan Web server serta domain dapat diawasi dan di kontrol.

Lalu dilanjutkan dengan cara membentuk peraturan internal kepada para pihak ISP agar memblok situs-situs yang berpotensi merusak tatanan moral masyarakat Indonesia menggunakan proxy server dan firewall, hingga membentuk peraturan kepada penyedia-penyedia layanan umum publik seperti warnet atau penyedia sarana hotspot untuk dapat melakukan kontrol dan pengawasan jaringan terhadap pengguna yang sedang mengakses internet. Diperlukan pengawasan ketat dan komitmen dari semua pihak yang terlibat agar Indonesia dapat mencegah dampak negatif dari internet semakin meluas pada tatanan kehidupan moral masyarakat di negeri ini. Memang, pengawasan seperti ini tidak akan mudah karena diperlukan kerja keras dan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, semua hal tersebut tidak akan menjadi persoalan apabila dibandingkan dengan dampak buruk yang bisa dihasilkan yaitu rusaknya moral dari masyarakat Indonesia khususnya dari generasi muda.Pemerintahan China bisa menjadi contoh yang baik bagi pemerintahan kita untuk dapat memulai tindakan nyata dalam mengontrol perkembangan internet.

Pemberian sanksi yang tegas terhadap segala tindakan yang dapat merusak moral bangsa melalui media internet dan pembentukan cyber police untuk pengawasan internet bisa menjadi suatu alternatif lain bagi pemerintah Indonesia agar dapat mengendalikan perkembangan internet sesuai dengan integritas moral bangsa kita. Bagaimanapun juga, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk dapat mempertahankan stabilitas moral bangsa kita agar tetap terjaga dengan baik, sehingga pengawasan internet tidak harus dilakukan oleh instansi pemerintahan terkait saja, akan tetapi masyarakat Indonesia juga wajib untuk dapat mengawasi perkembangan internet di lingkungan sekitarnya. Kerja sama yang baik dari segala pihak, khususnya dari pihak pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat memberi perubahan berarti dalam pengawasan laju perkembangan internet di Indonesia. Mari bersama-sama kita ciptakan suatu iklim penggunaan internet yang baik. Ambil manfaatnya dan buang mudharatnya.

0 comments: